Jumat, 15 November 2013

Idealnya, Pemimpin Gerakan Pramuka adalah Orang yang Berpengalaman di Kepramukaan

Siapa yang akan menakhodai Kwarnas kelak? Itulah pertanyaan yang senantiasa diributkan oleh banyak orang di kalangan GP. Dari satu pertanyaan tersebut, tersembul berbagai jawaban dengan aneka kalimat dan pernyataan yang ditawarkan. Tentu, di antara jawaban itu, ada salah satu pernyataan yang tepat. Hanya saja, kita semua tidak tahu sebelum diumumkan hasil Munas 2013 nanti di Kupang, NTT, tanggal 2 s.d. 5 Desember 2013.

Jawaban yang tampak logis dan fundamental adalah jawaban yang mengacu pada hakikat GP dalam berperan di Indonesia. Inilah peran GP di Indonesia. GP merupakan wadah pendidikan, menghimpun anak muda, dan bersifat gerakan. Jadi, yang teramat layak memegang tampuk Kwarnas kelak adalah mereka yang tidak saja memahami peran GP tetapi juga menjiwai dan berproses secara total sejak menjadi peserta didik. Dia bisa jadi pernah mendapatkan TKU, menjabat dewan kerja, berkemah, berjambore, berraimuna, ber-PW, dan kegiatan yang lainnya. Dengan begitu, luar dalam akan menjadi modal mengintegrasikan kepemimpinan ke depan.
Mengapa harus begitu? GP merupakan organisasi pendidikan yang bersifat gerakan. GP itu memproduksi generasi masa depan dengan sentuhan kepramukaan. Jika yang memimpin itu orang yang berjiwa, berperilaku, dan berpengalaman kepramukaan tentu hasilnya akan berdimensi kepramukaan pula. Memang benar, GP dapat dipimpin oleh siapapun asalkan kuat kepemimpinan dan manajerialnya. Namun, akan lebih bagus jika GP dipimpin oleh orang yang tidak saja mempunyai kepemimpinan dan manajerial, juga dia mempunyai pengalaman nyata di kepramukaan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

5 Ways to make money off of football betting by turning it into real money
5 Ways to make money off of football betting by turning it 샌즈카지노 into real money. 제왕카지노 If you want to make money off of football betting by turning it หารายได้เสริม into real money.