Selasa, 31 Januari 2012

SBY Berikan Lencana Tunas Kencana kepada Raja Swedia

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan Lencana Tunas Kencana kepada Raja Swedia Carl XVI Gustaf. Presiden SBY pun memuji kontribusi Raja Swedia di bidang kepramukaan.

Raja Carl XVI, menurut SBY, selama ini telah memberikan kontribusi yang sangat besar untuk memberdayakan organisasi pramuka di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

"Pengabdian Anda di bidang gerakan kepramukaan menjadi inspirasi, tak hanya di Swedia, tetapi juga di Indonesia," kata Presiden SBY di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa (31/1/2012).

SBY juga bangga atas partisipasi pramuka Indonesia pada program Duta Perdamaian (Messenger of Peace) yang digagas oleh Raja Swedia Carl XVI dan Raja Arab Abdullah.

"Saya bangga Gerakan Pramuka Indonesia telah mengambil peran aktif dalam program Duta Perdamaian yang digagas World Scout Foundation," terang SBY.

Penghargaan Lencana Tunas Kencana adalah tanda penghargaan tertinggi Gerakan Pramuka yang pernah diberikan kepada tokoh-tokoh gerakan pramuka, antara lain Bapak Pramuka Indonesia Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Presiden pertama RI Soekarno, dan juga Presiden Yudhoyono.

Selama di Indonesia Raja Swedia juga telah menyumbangkan dana 500.000 dollar AS untuk program Duta Perdamaian. Carl XVI sendiri rencananya besok akan mengunjungi kota gudeg Yogyakarta.

1 komentar:

Program BOS jaln terus.... mengatakan...

Saya seorang pembina disalah satu gugus depan berbasis komunitas di jember, ingin mengadakan forum tanya jawab tentang terbuka tentang kepramukaan, sku, akreditasi dls, mungkin kakak orang yang pas untuk menjadi nara sumber bagi kami dari pramuka kalangan bawah. kami bisa minta kontak yang bisa kami hubungi : dickyjava@gmail.com / sms 085336002300